Pontianak, Bidang Perencanaan Sosial Budaya Bappeda Provinsi KalBar mengadakan Sosialisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Provinsi Kalimantan Barat yang bertempat di Hotel Kapuas Palace Pontianak (20/9/2017). Sosialisasi ini dibuka oleh Wakil Gubernur Prov Kalbar Bapak Drs. Christiandy Sanjaya, SE, MM, sosialisasi ini di hadiri oleh Kepala SKPD dan Biro di lingkungan Prov Kalbar, Kepala Daerah Kab/Kota Prov Kalbar, Kepala Bappeda Kab/Kota Prov Kalbar, Akademisi, Organisasi Masyarakat Sipil dan Media.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) merupakan agenda pembangunan global yang menyempurnakan MDGs, dimana MDGs hanya menargetkan’pengurangan setengah’ sedangkan TPB menargetkan untuk ‘mengetaskan seluruh indikator’ atau zero goals. TPB tidak hanya memuat tujuan tetapi juga memuat cara pelaksanaan atau means of implementation untuk memastikan tercapainya semua tujuan.

Foto Bersama Sosialisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Prov KalBar

TPB berisikan 17 tujuan, 169 target dan 241 indikator. TPB memfokuskan pada 3 (tiga) dimensi pembangunan, yaitu pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan yang saling terkait dan terintegrasi dengan didukung oleh pembangunan yang inklusi dan sarana pelaksanaannya. Prinsip pelaksanaan TPB lebih komprehensif, yaitu Universal, Integration dan No One Left Behind. Dengan ditetapkannya Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentan Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, menjadi pedoman para pemangku kepentingan dalama melaksanakan agenda TPB di Indonesia.

Untuk Mengunduh Materi Sosialisasi Klik disini

 

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

2 × four =