Menindaklanjuti Rapat Koordinasi Peningkatan Indeks Desa Membangun (IDM) dalam Wilayah Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) tanggal 10 Desember 2019 bertempat di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat dan Rapat Koordinasi Perencanaan Pariwisata tanggal 17 Desember 2019 bertempat di BAPPEDA Provinsi Kalimantan Barat, kali ini BAPPEDA Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Rapat Pengelolaan Kawasan Lindung di Kabupaten Kubu Raya.

Rapat dipimpin oleh Ibu Rafiah, S.Sos, MT selaku Pjw. Kepala BAPPEDA Provinsi Kalimantan Barat. Pertemuan ini dihadiri oleh Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, BAPPEDA Kabupaten Kubu Raya, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kubu Raya, dan Politeknik Negeri Pontianak.

Kegiatan ini merupakan kerjasama BAPPEDA Provinsi Kalimantan Barat dengan Program Studi Desain Kawasan Binaan Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri. Maksud dari kegiatan ini adalah membahas Design Mangrove Track dan Pos Pemantauan KPH Kubu Raya. Adapun tujuan yang ingin dicapai antara lain:

  1. Meningkatkan IDM melalui pengembangan Ekowisata berbasis Desa,
  2. Meningkatkan dan melestarikan ekosistem mangrove sebagai Kawasan Penyangga di Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil,
  3. Mendorong percepatan pembangunan dan mengurangi disparitas antara Wilayah Utara dengan Wilayah Selatan Kalimantan Barat,
  4. Meningkatkan Koordinasi antar pemangku kepentingan yakni Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, dan Akademisi,
  5. Memberikan pengalaman dan pemahaman bagi rekan-rekan PKL untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan agar lebih siap menghadapi dunia kerja pada Era Revolusi Industri 4.0.


Berdasarkan hasil diskusi, sebagia besar audience menyambut baik design yang disusun oleh Tim Mahasiswa Politeknik Pontianak. Namun terdapat beberapa masukan antara lain penggunaan material yang lebih alami, penambahan fasilitas pendukung, perbaikan terhadap design gertak, tower dan dermaga, serta perlunya survey lapangan untuk meningkatkan kualitas perencanaan Mangrove Track.

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

five × three =