Pontianak- Rapat Koordinasi awal Bappeda Provinsi Kalimantan Barat dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Prov. Kalbar , Jumat (07/02/2020), menindaklanjuti arahan Gubernur Kalimantan Barat terkait Sinkronisasi validasi data di Provinsi Kalimantan Barat yang sebelumnya diutarakan pada kegiatan Forum Bappeda se-Kalbar di Ruang Praja 1 Kantor Gubernur Kalbar diantaranya ialah :
-Senergi antar lembaga;
-Perlu pemahaman, Konsep, dan definisi yang sama;
-Masalah Kalbar adalah Data, akibatnya perencanaan belum baik dan penyelesaian masalah tidak tuntas;
-Bappeda dan BPS tidak dapat berjalan sendiri-sendiri

Dalam kesempatan kali ini Kepala BPS Provinsi Kalimantan Barat (Muhammad Wahyu Yulianto) juga berharap Instansi Pemerintah dan BPS menjadi satu kesatuan, bukan hanya BPS dengan Bappeda saja, tapi juga isntansi lain, misalnya Diskominfo Sehingga tidak terjadi terkotak-kotak mana data yang mau di ambil.

Terkait Rilis Data,  beliau mengungkapkan BPS akan mengoptimalkan hal tersebut salah satu caranya dengan memperkuat FGD. Selain itu akan dilakukan percepatan rilis data agar nantinya data terbit di bulan februari 2020 sehingga dapat segera digunakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  terutama Bappeda yang akan menggunakan data tersebut pada bulan Maret.

Masalah Data berbeda dari tahun sebelumnya, beliau menanggapi  bahwa data-data yang di ambil sumbernya berbeda dan untuk mengatasi data hal tersebut BPS akan mengadakan 2 metode sensus penduduk, yaitu sensus Penduduk Secara online, pada tanggal 15 februari s.d. 01 maret 2020 melalui laman https://sensus.bps.go.id/

Metode kedua yaitu sensus secara offline, apabila sensus  tidak dapat terjangkau secara online terkait jaringan (BPS  akan datang dari rumah kerumah)

Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Barat (Ir. Yuslinda, MM) berharap Bappeda dan BPS semakin bersinergi untuk bekerja sama dalam mewujudkan Data yang Valid. Di samping itu  Kepala Bappeda berharap BPS melaksanakan koodinasi rutin per 3 bulan sekali dengan OPD untuk sinkronisasi Data dengan Bappeda sebagai Fasilitator.

Link terkait

Hasil Rapat Koordinasi Awal Bappeda dan BPS

Dokumentasi Rapat Koordinasi Sinkronisasi Data Bappeda Prov. Kalbar dengan BPS

 

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

12 − 3 =