Jakarta, 29-01-2019 – Bappeda Provinsi Kalimantan Barat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Citra Satelit Penginderaan Jauh Tahun 2019 yang berlangsung di Birawa Hall, Hotel Bidakara Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 71-73 Pancoran, Jakarta Selatan. Peserta dari kegiatan ini adalah perwakilan Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, Perguruan Tinggi, Lembaga Litbang, Organisasi Profesi, Organisasi Penyedia Data, Swasta, dll.

             Kepala Bappeda Prov.Kalbar menerima data dari LAPAN

Adapun Rapat Koordinasi Nasional Citra Satelit Penginderaan Jauh Tahun 2019 mengambil  tema “Penyelenggaraan kegiatan penginderaan Jauh untuk pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) era Industri 4.0”, Saat ini, pemanfaatan data satelit penginderaan jauh sudah merupakan suatu keharusan di wilayah Indonesia yang sangat luas, guna memetakan dan memantau sumber daya alam, lingkungan, kebencanaan, serta kepentingan strategis lainnya. Secara umum, Kementerian/Lembaga, TNI, dan POLRI membutuhkan data satelit penginderaan jauh dalam mendukung kegiatannya di sektor kehutanan, pertanian, pertambangan, kewilayahan, kelautan dan perikanan, kebencanaan, pertahanan dan keamanan, perpajakan, parawisata, penegakan hukum dan sebagainya. Disamping untuk kepentingan tersebut, Pemerintah Daerah juga menggunakan data satelit penginderaan jauh untuk penyusunan peta Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR).

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan, kewajiban LAPAN di bidang penginderaan jauh meliputi pembangunan dan pengoperasian stasiun bumi untuk perolehan data satelit penginderaan jauh: penyediaan data penginderaan jauh untuk Instansi Pemerintah dan Pemerintah Daerah: penetapan metode dan kualitas pengolahan data penginderaan jauh: pelaksanaan penyimpanan dan pendistribusian data melalui Bank Data Penginderaan Jauh Nasional: dan penetapan pedoman pemanfaatan data dan diseminasi informasi penginderaan jauh. Selanjutnya, dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kegiatan Penginderaan Jauh diamanatkan bahwa perencanaan kebutuhan citra satelit dari Instansi Pemerintah dan Pemerintah Daerah harus dibahas dalam Rakornas Citra Satelit Penginderaan Jauh yang diadakan paling sedikit satu kali dalam setahun. Dalam rapat koordinasi ini selain melibatkan Instansi Pemerintah dan Pemerintah Daerah, juga kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan dan badan yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang perencanaan pembangunan nasional.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk:

  1. Mengidentifikasi dan membahas kebutuhan data dan informasi satelit penginderaan jauh tahun 2019 bersama perwakilan Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI dan Pemerintah Daerah.
  2. Melaksanakan serah terima data penginderaan jauh terbaru kepada Kementerian/Lembaga serta Pemerintah Daerah Povinsi/Kabupaten/Kota.
  3. Penganugerahan apresiasi Indriya Mandrawa kepada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang aktif memanfaatkan data dan informasi penginderaan jauh selama tahun 2018.
  4. Meningkatkan kerja sama antara LAPAN dengan para pemangku kepentingan/pengguna dari Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, Lembaga Litbang, dan Swasta di bidang penelitian dan pengembangan serta pemanfaatan data satelit penginderaan jauh untuk mendukung pelaksanaan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di era Industri 4.0.

Sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah:

  1. Terselenggaranya Rakornas Citra Satelit Penginderaan Jauh tahun 2019 untuk perencanaan kebutuhan data dan informasi satelit penginderaan jauh tahun 2019 dari instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
  2. Terdistribusinya data dan informasi penginderaan jauh terbaru kepada para pemangku kepentingan/pengguna di instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sehingga dapat dimanfaatkan secara langsung.
  3. Terlaksananya penganugerahan apresiasi Indriya Mandrawa sebagai bentuk penghargaan LAPAN pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Povinsi/Kabupaten/ Kota yang aktif menggunakan data dan informasi penginderaan jauh pada tahun 2018.
  4. Terjalinnya kerja sama yang lebih luas dan bersinergi di bidang penelitian dan pengembangan serta pemanfaatan data satelit penginderaan jauh untuk mendukung pelaksanaan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di era Industri 4.0.

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

four × two =