TENTANG PPID BAPPEDA PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) Pada Badan Publik Di Lingkungan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Barat diatur dalam Keputusan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Barat Nomor 155 Tahun 2019 yang ditetapkan pada tanggal 17 Mei 2019.

Penunjukkan Pejabat Pengelola Layanan Informasi dan Dokumentasi pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dilakukan sebagai upaya peningkatan, pengelolaan dan pelayanan informasi serta dokumentasi publik serta menyediakan, memberikan dan/atau menerbitkan informasi dan dokumentasi publik yang berkualitas.

PPID Pembantu (BAPPEDA) yang dipimpin oleh Sekretaris Badan dan Kepala Badan sebagai Atasan PPID Pembantu berkedudukan di bawah PPID Utama yaitu Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat.

TUGAS DAN FUNGSI PPID BAPPEDA PROVINSI KALIMANTAN BARAT

PPID Pembantu di lingkungan Bappeda Provinsi Kalimantan Barat mempunyai Tugas sebagai berikut :

  1. Membantu PPID Utama melaksanakan tanggung jawab, tugas dan kewenangannya;
  2. Penyediaan, Penyimpanan, Pendokumentasian dan Pengamanan Informasi;
  3. Pelayanan Informasi sesuai dengan aturan yang berlaku;
  4. Penetapan prosedur operasional penyebarluasan informasi publik;
  5. Pengujian konsekuensi;
  6. Pengklasifikasian informasi dan/atau pengubahnya;
  7. Penetapan informasi yang dikecualikan yang telah habis jangka waktu pengecualiannya sebagai informasi publik yang dapat diakses;
  8. Penetapan pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan yang diambil untuk memenuhi hak setiap orang atas informasi publik;

Fungsi PPID Pembantu :

  1. Pengelolaan Informasi
  2. Dokumentasi Arsip
  3. Pelayanan Informasi