Pontianak : “Forum ini menunjukkan bahwa pemerintah-pemerintah daerah se-Kalimantan memiliki kesatuan paham yang solid untuk membawa membawa kemajuan bagi Pulau Kalimantan”. Begitulah ungkapan  Kemendagri,  Prov. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. dalam sambutannya pada acara Musrenbang Regional Kalimantan Tahun 2020 yang berlangsung di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat (19/02).

“Kalimantan memiliki potensi SDA (kehutanan, pertambangan, perkebunan, perikanan dan kelautan) yang sangat besar, yang mungkin hanya dapat disaingi oleh Papua. Dan Menurut saya, ada satu lagi potensi belum dimaksimalkan oleh Kalimantan, yakni potensi wisata, baik wisata alam dan wisata budaya”, Lanjut ungkapan Mantan Kapolri tersebut.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum. dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Kalimantan merupakan salah satu Provinsi terluas di Indonesia, dan saya yakin Bapak Menteri Dalam Negeri dapat menyuarakan kepentingan daerah-daerah di Pulau Kalimantan yang akan disampaikan dalam forum ini.

“Kalimantan merupakan penghasil komoditas sumber daya alam terbesar bagi Indonesia: sawit, minyak bumi, batubara, perikanan dan bauksit. Namun permasalahannya terletak pada infrastruktur, sehingga SDA tersebut tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal (contoh: belum adanya pelabuhan ekspor di Kalimantan Barat)”, Lanjut ungkapan orang nomor satu di Kalbar ini.

Pada kesempatan sebelumnya,  Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Yuslinda, MM., dalam laporannya selaku panitia pelaksana menyampaikan bahwa tujuan dari pada kegiatan ini adalah Perekat silaturahmi antar pemerintah provinsi se-Kalimantan, Sarana penyampaian usulan prioritas program pembangunan di Pulau Kalimantan untuk diakomodir dalam RKP 2021, Forum penyampaian aspirasi masyarakat Kalimantan kepada perwakilan pemerintah pusat, serta Sarana untuk mengetahui arah kebijakan dan program prioritas nasional di Kalimantan oleh Kementarian/Lembaga terkait.

Pada Musrenbang Regional Kalimantan ini dibacakan pula “Pernyataan Sikap Masyarakat Pulau Kalimantan” yang disampaikan secara bersama-sama oleh seluruh Kepala Daerah se-Kalimantan.

Dan berikut materi terkait pelaksanaan kegiatan Musrenbang Regional Kalimantan pada laman :

http://bit.ly/MusrenKalimantan2020

 

 

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

5 + seventeen =