Frequently Asked Questions

Home / Frequently Asked Questions

Bagaimana jika saya ingin melihat data pembangunan Provinsi?

Data yang dimiliki oleh Bappeda Provinsi Kalimantan Barat merupakan data mengenai pembangunan Daerah Provinsi yang sebagian besar dapat diakses melalui laman Data dan Informasi serta melalui permohonan mendapatkan data, baik langsung ataupun tidak langsung.

Bagaimana Prosedur mendapatkan data dari Bappeda Provinsi Kalimantan Barat?

Pemohon dapat datang langsung ke Bappeda lalu mengisi Form Permohonan Data atau dapat juga mengisi Form Online berikut.

Berapa lama waktu pelayanan untuk mendapatkan data?

Lama waktu pelayanan untuk data yang tersedia maksimal 3 (tiga) hari kerja setelah Form Permohonan Data diterima/ diisi.

Bagaimana jika saya ingin melihat data pembangunan pada Kabupaten/Kota tertentu?

Sehubungan dengan pelaksanaan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, terdapat pembagian kewenangan dan urusan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten/ Kota. Data-data ini tersedia dan dapat diakses melalui Bappeda Kabupaten/Kota ataupun Perangkat Daerah Kabupaten/ Kota terkait.

Berapa biaya yang diperlukan untuk mendapatkan data?

Biaya untuk mendapatkan data dari Bappeda sebesar Rp. 0,- (Gratis). Cukup bayar dengan Doa agar kami dapat terus memberikan pelayanan publik terbaik.

Bagaimana cara untuk menyampaikan usulan pembangunan?

Penyampaian usulan pembangunan berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah

Bagaimana cara mengajukan keberatan/ komplain terhadap pelayanan Bappeda Provinsi Kalimantan Barat?

Keberatan/ komplain terhadap pelayanan Bappeda Provinsi Kalimantan Barat dapat disampaikan secara langsung kepada Pejabat Penerima Pengaduan ataupun melalui Nomor 0812-5023-6563.

Bagaimana cara bekerjasama dengan Bappeda Provinsi Kalimantan Barat?

Kerjasama dengan Bappeda Provinsi Kalimantan Barat berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2020 tentang Tata Cara Kerja Sama Daerah Dengan Daerah Lain dan Kerja Sama Daerah Dengan Pihak Ketiga.

Bagaimana cara mengajukan studi lapangan/praktek kerja di Bappeda Provinsi Kalimantan Barat?

Pemohon dapat mengajukan Surat Pengantar kepada Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Barat yang ditandatangan oleh Dekan/ Ketua Jurusan/ Ketua Program Studi.

Bagaimana cara agar saya dapat berkarir sebagai PNS di Bappeda Provinsi Kalimantan Barat?

Pendaftaran karir sebagai Pegawai Negeri Sipil dilakukan dalam format seleksi nasional Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilakukan oleh BKN bekerjasama denan BKD Provinsi Kalimantan Barat untuk seluruh Instansi Pemerintah di Kalimantan Barat, termasuk di Bappeda. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai seleksai dan formasi CPNS di halaman muka website kalbarprov.go.id maupun di publikasi daerah saat periode seleksi CPNS berlangsung.

X