Pontianak, 31-01-2019 – Bappeda Provinsi Kalimantan Barat Bersama dengan CIFOR dan USAID mengadakan Diskusi panel “Peta Vegetasi Skala Besar untuk Perencanan tata Ruang Berbasis Ekosistem” yang berlangsung di Hotel Mercure , Pontianak. Peserta dari Diskusi ini adalah perwakilan Kementerian/Lembaga, CIRAD-CIFOR, TNI, Perwakilan SKPD Prov. Kalbar, Perguruan Tinggi, Lembaga Litbang, Organisasi Profesi, Organisasi Penyedia Data, Swasta, dll.

Diskusi ini di awali oleh sambutan CIFOR oleh Bapak Michael Allen Brady, PhD Principal Scientist And Team Leader, Value Chains, Finance And Investment (VFI), Center For International Forestry Research (CIFOR) dan sambutan dari USAID oleh Dr. Donald Tambunan, Senior Program Management Spesialist, USAID Indonesia. Selanjutnya sambutan dan sekaligus pembukaan Sekda Prov. Kalbar yang diwakili oleh Ibu Ir.Yuslinda, MM selaku Kepala Bidang Perencanaan Fisik, Prasarana dan Sumber Daya, Bappeda Prov.Kalbar yang sekaligus menjadi Moderator dalam Diskusi ini. Ada pun dalam diskusi ini ada pemaparan pemateri mengenai Peta vegetasi skala besar 1:50.000 dalam mendukung tata ruang dan kebijakan satu peta berbasis ekosistem oleh Bapak Dr. Yves Laumonier, CIRAD-CIFOR/Uji Astrono, CIFOR.

Penyampaian Materi oleh Bapak Dr. Yves Laumonier, CIRAD-CIFOR/Uji Astrono, CIFOR mengenai Peta vegetasi skala besar 1:50.000 dalam mendukung tata ruang dan kebijakan satu peta berbasis ekosistem

Penyampaian materi mengenai Kebijakan satu Peta (KSP) dan penetapan informasi geospasial tematik dalam mendukung perlindungan Kawasan dengan nilai konservasi tinggi oleh Dr.Ir..Nurwadjedi,M.Sc selaku deputi Bidang Informasi Geospasial Tematik, Badan Informasi Geospasial (BIG). Selanjutnya materi mengenai Pemanfaatan peta penutupan lahan untuk pemantauan sumberdaya hutan dan identifikasi Kawasan ekosistem esensial oleh Bapak Judin Purwanto, S.Hut, M.Si selaku Kepala Seksi Pemantauan Sumberdaya Hutan Tingkat Nasional, Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, KLHK. Yang terakhir penyampaian Materi Arah Kebijakan dan Strategi RPJM 2020-2024 didalam mendorong konservasi sumberdaya alam dan keanekaragaman hayati di landskap terfragmentasi oleh Bapak Irfan Darliazi Yananto, Direktorat Lingkungan Hidup, Bappenas.

Para Peserta Diskusi panel “Peta Vegetasi Skala Besar untuk Perencanan tata Ruang Berbasis Ekosistem”

Diskusi dilanjutkan dengan memberikan kesempatan kepada peserta undangan diskusi untuk menyampaikan pertanyaan mengenai materi yang disampaikan oleh narasumber.

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

eleven − eleven =