Selamat Datang di Website Bappeda Provinsi Kalimantan Barat .
Hari iniHari ini101
KemarinKemarin80
Minggu IniMinggu Ini188
Bulan IniBulan Ini723
TotalTotal218585
54.167.211.58

Tamu Online

We have 65 guests and no members online

Tingkatkan Pertumbuhan IPM Sampai Tahun 2018

Pontianak -Dalam meningkatkan Indeks Pertumbuhan Manusia ( IPM) Gubernur Cornelis bertekat akan memacu pertumbuhan ini sampai tahun 2018 , untuk mewujudkan semua itu perlu dibangun komitmen bersama segenap unsur pimpinan daerah mulai dari Provinsi, Kabupaten/Kota se Kalbar.

Provinsi Kalimantan Barat mampu mencapai IPM sebesar 74 atau masuk dalam perkembangan katagori tinggi, hal ini sangat mungkin dicapai dengan asumsi tiap tahun meningkat satu poin, mengingat tahun2011 menurut BPS nilai IPM Kalbar sudah mencapai 69,66.
Penatapan target angka tersebut tentu akan menjadi hal yang berat untuk dicapai apabila kita tidak bergandengan tangan seluruh komponen daerah, merapatkan barisan untuk bekerja lebih giat dan lebih serius lagi guna pencapaian target-target tersebut.

Demikian disampaikan Gubernur Kalbar Drs.Cornelis,MH ketika membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rancangan Menengah Daerah ( Musrenbang Rencana RPJMD) Provinsi Kalimantan Barat yang berlangsung di Hotel Grend Mahkota Pontianak, Senin ( 18/3).Berdasarkan kepada Kondisi dan capaian kinerja pembangunan yang telah dicapai selama ini serta potensi yang dimiliki, maka untuk lima tahun kedepan Kinerja pembangunan bisa mendekati dan bahkan mungkin melebihi rata-rata nasional. Hal ini perlu kita pelihara iklim keamanan yang kondusif agar dunia investasi meningkat yang disertai meningkatnya pendapatan secara teoritis dan matematis pengangguran dan kemiskinan akan berkurang.
Keadaan tersebut harus didukung seluruh sektor terkait, instansi yang mengemban tugas keamanan haruslah menggerakan potensi agar keamanan dan ketertiban selalu kondusif, pihak yang bertanggung jawab dalan penyediaan energi tentulah harus berpikir untuk menyediakan energi yang cukup.

Menyangkut RPJMD sekarang ini hanya meneruskan cita-cita RPJMD sebelumnya yang telah diluncurkan dalam forum Konsultasi Publik yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.
Meneruskan cita-cita RPJMD sebelumnya harus ditafsirkan bahwa yang telah tercapai kinerjanya harus lebih ditingkatkan dan yang belum tercapai harus dicari solusinya dan disusun strategis untuk pencapaiannya, ini tentu harus dituangkan dalam sebuah perencanaan yang matang, sistematis dan terukur, Tegas Cornelis.
Musrenbang RPJMD diikuti seluruh Bupati/Walikota Se-Kalbar, Anggota DPR RI asal pemilihan Kalbar, para ketua DPRD, Kepala Bappeda dan Instansi terkait se-Kalbar, para Tokoh Masyarakat, Pemuka Agama, Tokoh Pemuda DAN Organisasi Kemasyarakatan.
Sedangkan narasumber dalam Musrenbang ini diantaranya dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kementerian Dalam Negeri. ( Nasir Humas Pemprov)

 

 

 

Hubungi Kami

Jl. Ahmad Yani
Komp. Kantor Gubernur
Telp. (0561) 736013
Fax.(0561) 731217
Kode Pos 78124

Visi Bappeda Kalbar

Terwujudnya Perencanaan Pembangunan Daerah Yang Berkualitas

Scroll to Top