Selamat Datang di Website Bappeda Provinsi Kalimantan Barat .
Hari iniHari ini101
KemarinKemarin80
Minggu IniMinggu Ini188
Bulan IniBulan Ini723
TotalTotal218585
54.167.211.58

Tamu Online

We have 60 guests and no members online

Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Secara E-Procurement

Pontianak – (4/3)Sesuai dengan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 yang diperbaharui Perpres 70 Tahun 2012 bahwa pengadaan barang/jasa pemerintah yang efesien dan efektif merupakan salah satu bagian yang penting dalam perbaikan pengelolaan keuangan negara. Salah satu perwujudannya adalah dengan pelaksanaan proses pengadaaan barang/jasa pemerintah secara elektronik, yaitu dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi secara e-procurment.

Proses pengadaan barang/jasa pemerintah secara eletronik ini akan lebih meningkatkan dan menjamin adanya efisiensi, efektifitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam pembelanjaan keuangan negara. Selain itu, proses pengadaan barang./jasa pemerintah secara elektronik ini juga dapat lebih menjamin tersediannya informasi, kesempatan usaha, serta mendorong terjadinya persaingan yang sehat dan terwujudnya keadilan (non discriminative) bagi seluruh pelaku usaha yang bergerak di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah.

Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) dibuat untuk mewujudkan harapan pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik. Layanan yang tersedia dalam SPSE adalah E-Lelang umun (E-Regular Tendering) yaitu pelelangan umum dalam rangka mendapatkan barang atau jasa, dengan penawaran harga dilakukan satu kali pada hari, tanggal, dan waktu yang telah ditentukan dalam dokumen pengadaan, untuk mencari harga terendah tampak mengabaikan kualitas dan sasaran yang telah ditetapkan, dengan mempergunakan media elektronik yang berbasis pada web/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi. Selain itu didalam SPSE juga telah disiapkan fasilitas untuk proses audit secara online (e-audit).

Sistem yang digunakan LPSE Prov. Kalbar adalah Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) yaitu sebuah aplikasi perangkat lunak e-procurement yang terintegrasi secara Nasional. SPSE ini dibangun dan dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bekerja sama dengan Lembaga Sandi Negara dan Badan Pegawasan Keuangan dan Pembangunan.

Dalam rangka untuk meningkatkan kinerja bagi panitia Pengadaan Barang/Jasa dalam hal pengoperasian e-procurement, LPSE Prov. Kalbar memberikan pelatihan bagi panitia dan administrator (admin agency) di masing-masing SKPD Prov. Kalbar yang dibagi dalam 10 angkatan, dimana tiap-tiap angkatan berjumlah 20 orang, hal ini dimaksudkan agar lebih efektif dan efesien bagi peserta dalam menerima ilmu yang diberikan.

Pelaksanaan pelatihan telah dibuka secara resmi oleh B. Edi Siswono, Dipl. SE, MM, Kepala UPDE Dishubkominfo Prov. Kalbar selaku ketua LPSE Prov. Kalbar.

Dalam sambutannya dikatakan agar para peserta dapat memanfaatkan kesempatan pelatihan ini sebaik-baiknya serta nantinya diharapkan setelah selesai mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat sebagai tutor pada pengadaan barang/jasa secara e-procurement di unit kerja masing-masing.(Sulono/Dishubkominfo)

Hubungi Kami

Jl. Ahmad Yani
Komp. Kantor Gubernur
Telp. (0561) 736013
Fax.(0561) 731217
Kode Pos 78124

Visi Bappeda Kalbar

Terwujudnya Perencanaan Pembangunan Daerah Yang Berkualitas

Scroll to Top