External Link

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Geografi

Provinsi Kalimantan Barat terletak di bagian barat Pulau Kalimantan atau diantara garis 2008’LU – 3002’LS serta diantara 108030’BT – 114010’BT. Berdasarkan letak geografis ini, maka daerah Kalimantan Barat tepat dilalui oleh garis Khatulistiwa (garis lintang 0°) tepatnya di atas Kota Pontianak. Ciri-ciri spesifik lainnya adalah bahwa wilayah Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang berbatasan langsung dengan Negara lain, yaitu Negara Bagian Serawak, Malaysia. Bahkan dengan posisi ini, maka daerah Kalimantan Barat kini merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang secara resmi telah memiliki akses jalan darat untuk masuk dan keluar dari Negara asing. Batas wilayah selengkapnya dari Provinsi Kalimantan Barat adalah sebagai berikut :

- Utara : Serawak (Malaysia)

- Selatan : Laut Jawa dan Kalimantan Tengah

- Timur : Kalimantan Timur

- Barat : Laut Natuna dan Selat karimata

Terdapat 14 Kecamatan yang terdiri dari 143 desa/kelurahan dalam 5 kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat yang bersinggungan langsung dengan Negara Malaysia. Adapun 14 kecamatan perbatasan beserta desa/kelurahan dan luas wilayah kecamatan adalah sebagai berikut :

Dilihat dari luas wilayah kecamatan, kecamatan perbatasan paling luas berada di Kabupaten Kapuas Hulu Kecamatan Putussibau Utara, dengan luas sebesar 5.102 km2. 

 

 

 

 

 

 

 

Scroll to Top