External Link

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perkebunan

Data yang disajikan pada sub bab ini adalah data tanaman perkebunan besar dan perkebunan rakyat yang bersumber dari Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat. Perkebunan besar diantaranya mengusahakan karet, kelapa sawit dan kelapa hibrida, namun hanya kelapa sawit dan karet yang sudah beroperasi secara konsisten. Untuk komoditi kelapa sawit khusus perkebunan besar selama kurun waktu 2010-2014, luas tanaman mempunyai trendnya meningkat. Luas tanaman tahun 2014 naik 2,52 persen dari tahun sebelumnya, sementara produksinya turun 1,37 persen. Untuk perkebunan rakyat pertumbuhan luas tanaman naik 7,92 persen dan produksi juga mengalami peningkatan sebesar 3,24 persen.

Luas tanam karet khususnya perkebunan rakyat pada tahun 2014 meningkat dibandingkan sebelumnya. Penambahan luas tanaman karet terutama pada perkebunan rakyat meningkat 0,08 persen dengan produktivitas 0,44 ton per Ha. Sementara itu, untuk luas tanam komoditi kelapa dalam mengalami penurunan 0,14 persen dengan produksi mencapai 74.646 ton atau meningkat 0,71 persen dari tahun sebelumnya.

Selain ketiga jenis tanaman di atas, beberapa tanaman perkebunan yang lain yang diusahakan di Kalimantan Barat adalah tanaman kopi, lada, dan kakao. Tahun 2014 produksi tanaman tersebut mengalami penurunan luas tanam yang mengakibatkan menurunnya jumlah produksi dari masing-masing tanaman tersebut dibandingkan pada tahun 2013.

Scroll to Top viewporntube indobokep