External Link

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Angin dan Udara

Faktor yang merupakan ciri umum bagi suatu daerah dataran rendah di daerah tropis adalah suhu udara yang relatif panas atau tinggi, sedangkan khusus daerah Kalimantan Barat suhu yang tinggi ini diikuti pula dengan kelembaban udara yang tinggi. Berdasarkan catatan empiris dari Stasiun Meteorologi Supadio Kubu Raya yang meliputi Stasiun Meteorologi (SM) Supadio Pontianak, SM Maritim Kota Pontianak, SM Pangsuma Putussibau, SM Paloh Sambas, SM Susilo Sintang, SM Nanga Pinoh Melawi dan Stasiun Klimatologi Siantan Kabupaten Pontianak, umumnya suhu udara di daerah Kalbar cukup normal namun bervariasi, yaitu rata-rata sekitar 25,60C sampai dengan 29,30C.

Selama tahun 2014, temperatur udara di Kalimantan Barat maksimum mencapai 37,90C. yang terjadi di stasiun meteorology Maritim Kota Pontianak pada bulan Juli 2014. Sementara itu, temperatur minimum tercatat 17,30C yang terjadi di stasiun meteorologi Paloh Kabupaten Sambas pada bulan Februari 2014.

Pada umumnya, kecepatan angin di Kalimantan Barat dari beberapa stasiun meteorologi, sepanjang bulan ditahun 2013, secara rata-rata 1 hingga 7 knot/jam sedangkan maksimum tercatat sebesar 30 knot/jam terjadi di stasiun meteorology Kabupaten Kubu Raya pada bulan Oktober 2013.

Scroll to Top